Sabtu, 09 Februari 2019

6 Tips Merawat Baju Print Kaos agar Tetap Awet

Kaos adalah baju kebangsaan anak gaul kekinian dan nyaman jika dipakai sehari-hari. Apakah Anda punya kaos kesayangan yang setelah dicuci, langsung dikeringkan, lalu dipakai lagi? Rawatlah baju print kaos Anda dengan hati-hati. Berikut ini cara mencuci dan mengeringkannya dengan benar, agar tetap awet.

1. Cuci dengan Air Hangat
Jika kaos Anda sangat kotor, cucilah kaos dengan air hangat. Gunanya untuk meluruhkan debu, keringat, dan kotoran yang menempel. Jika kaos sangat kotor, misalnya terkena lumpur setelah outbond, maka rendamlah terlebih dahulu selama minimal 10 menit. Kaos akan bersih kembali dan siap dipakai lagi.

2. Jangan Cuci dengan Mesin
Apakah Anda malas mencuci manual dan memasukkan seluruh kaos ke dalam mesin cuci? Hati-hati, baju print kaos dtg akan cepat melar dan rusak, jika dicuci dengan mesin. Jika Anda benar-benar sayang pada kaos itu, cucilah manual dengan tangan, agar bentuknya awet dan gambarnya tetap bagus. Anda juga bisa hanya dengan memberinya pewangi tanpa harus mengucek kasar.

3. Jangan Diberi Pemutih
Jika kaos terlihat kusam dan kotor, jangan sekali-kali diberi pemutih, karena baju print kaos dtg akan pudar warnanya dan jadi jelek. Hilangkan nodanya dengan memakai cairan khusus pembersih noda, atau gosokkan jeruk nipis di atas noda agar terangkat. Rawatlah kaos kesayangan Anda dengan hati-hati dan jangan sembarangan memberi pemutih atau zat kimia.

4. Jemur dalam Posisi Terbalik
Setelah kaos dicuci, maka jemurlah dengan posisi terbalik. Gunanya agar kaos tetap awet dan warnanya tidak mudah pudar. Usahakan untuk tidak menjemurnya langsung di bawah terik matahari, jika bisa angin-anginkan saja di tempat jemuran yang teduh, agar tetap kering dan tidak berbau apek. Kesalahan menjemur akan membuat kaos cepat pudar.

5. Setrika Jangan Terlalu Panas
Jangan terlalu panas saat menyetel setrika, karena akan lengket dan membuat Anda susah menyeterikanya. Saat menyeterika bagian gambar, hati-hatilah dan setrika dengan panas yang kecil saja. Jika perlu, kaos dibalik terleboh dahulu, agar panas setrika tidak langsung kena gambar dan memudarkannya.

6. Jangan Terlalu Sering Dilipat
Setelah baju kering dan rapi, maka jangan terlalu sering dilipat lalu masuk ke dalam lemari. Kaos akan memiliki bekas lipatan yang cukup mengganggu, jadi saat menyimpannya lebih baik digantung saja. Saat digantung, Anda akan lebih mudah menemukannya di lemari dan tidak repot memilih di antara tumpukan baju lain.

Baju print kaos memang bagus dan motifnya kekinian. Rawatlah kaos dengan seksama dan jangan cuci dengan mesin, karena akan membuatnya melar. Cucilah kaos dengan tangan, dan jangan beri pemutih, agar warnanya tetap awet. Saat menjemur, baliklah baju agar tetap awet dan bisa Anda pakai sehari-hari sehingga tampil keren.