Minggu, 02 Desember 2018

Jajanan Olahan Ketan Khas Indonesia Yang Bisa Anda Coba

Ada banyak jenis jajanan tradisional yang masih bisa kita temukan di Indonesia. Setiap wilayah memiliki jajanan tradisional yang menjadi kebanggan dan ikon. Selain tepung-tepungan, jajanan tradisional berbahan dasar ketan juga banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Seperti jajanan olahan ketan khas Indonesia berikut ini,

Jajanan Olahan Ketan Khas Indonesia Ini Wajib Dicicipi
1. Lemper
Salah satu jajanan tradisional yang banyak kita jumpai ialah lemper. Makanan ini terbuat dari ketan yang diberi bumbu santan dan pandan. Ketan kemudian digulung dan di dalamnya diberi beberapa isian daging ayam yang sudah dibumbui. Kemudian lemper dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus kembali.

2. Semar Mendem
Sama seperti lemper, semar mesem merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan gulung. Hanya saja ketan terbungkus dengan kulit dadar yang terbuat dari campuran tepung terigu dan telur. Isiannya juga sama, yaitu ketan yang telah diberi pandan dikukus lalu ditambahkan dengan daging ayam di dalamnya.

3. Wajik
Di wilayah Jawa, Wajik menjadi jajanan ikonik yang wajib dihidangkan ketika acara penting. Mulai dari acara khitanan, pernikahan, aqiqoh dan beberapa acara keagamaan lainnya. Ketan yang telah dikukus dicampur dengan pandan, santan dan gula jawa. Kemudian dicetak membentuk jajar genjang, mirip seperti layang-layang.

4. Rengginang
Rengginang mungkin menjadi jajanan olahan ketan khas Indonesia yang populer. Rengginang ini bisa ditemui di Pulau Jawa hingga Kalimantan. Sebelum menjadi rengginang, beras ketan diberi bumbu kemudian dikukus. Setelah itu rengginang dicetak dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Barulah adonan rengginang siap untuk digoreng hingga matang.

5. Wingko Babat
Wingko babat bisa ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak pedagang kaki lima yang berlalu lalang menjajakan jajanan khas satu ini. Tepung ketan dicampur dengan kelapa parut dan gula jawa. Kemudian adonan ketan dimasak dengan cara dipanggang atau dioven.
Itulah beberapa jajanan olahan ketan Indonesia yang wajib anda cicipi. Sebenarnya masih banyak lagi jajanan olahan ketan yang bisa dengan mudah anda temui. Seperti, Klepon, Onde-onde, tape ketan, lupis, gemblong dan iwel-iwel. Dengan banyaknya jajanan tradisional ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan surganya wisata kuliner.