Minggu, 04 November 2018

Tips Beli Rumah Bekas Berkualitas Untuk Keluarga

Apabila anda ingin membeli rumah namun tidak memiliki uang yang cukup, maka membeli rumah bekas bukanlah keputusan yang buruk. Banyak rumah bekas diluar sana yang memiliki spesifikasi yang masih baik untuk dihuni. Tapi anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk membeli rumah bekas. Simak selengkapnya tips beli rumah bekas berkualitas untuk keluarga berikut ini,

Tips Beli Rumah Bekas Berkualitas Untuk Keluarga Ini Bisa Menolong Anda Mencari Hunian
1. Beli Rumah Tanpa Perantara
Tips beli rumah bekas berkualitas yang pertama ialah dengan membeli rumah langsung ke pemiliknya. Biasanya anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah apabila membeli langsung dari pemiliknya. Hal ini dikarenakan pemilik tidak perlu memberikan komisi kepada broker. Anda juga bisa menanyakan detail keadaan rumah yang akan anda beli.

2. Keadaan Fisik Rumah
Yang terpenting dalam memilih rumah bekas berkualitas ialah dengan memperhatikan keadaan fisik rumah tersebut. perhatikan atap rumah, plafon, dinding dan semua sudut rumah yang ada apakah ada yang perlu direnovasi. Tanyakan juga renovasi yang terakhir dilakukan kapan. Jangan memilih rumah bekas yang memiliki usia sangat tua, karena bisa jadi banyak kerusakan di dalamnya.

3. Lokasi Sekitar Rumah
Rumah dengan lokasi yang strategis, ramai, terhindar dari kejahatan dan bencana banjir merupakan kriteria rumah yang berkualitas. Pilih lokasi rumah bekas yang memungkinkan anda bisa mengakses transportasi dan kemudahan akses lainnya. Jangan sampai anda menyesal memilih rumah bekas karena lokasi yang kurang aman dan terpencil.

4. Kelengkapan Surat
Salah satu tips beli rumah bekas berkualitas yang tidak boleh terlewatkan ialah pastikan surat-surat rumah lengkap. Mulai dari Surat Hak Milik, surat jual beli, akta tanah dan sebagainya. Kelengkapan tanah ini penting agar nantinya tanah dan rumah anda terhindar dari klaim pihak tertentu. Apabila rumah bekas tidak memiliki surat yang lengkap maka bisa jadi tanah dan bangunan dalam lingkup sengketa.

Itulah beberapa tips beli rumah bekas berkualitas yang bisa anda terapkan ketika membeli rumah. Selain tips diatas, anda juga perlu memperhatikan pemilihan Notaris dan PPAT. Usahakan Notaris dan PPAT yang masih muda namun berpengalaman. Notaris dan petugas PPAT yang masih muda dan panjang umur bisa mempermudah ahli waris rumah bekas anda tersebut ke depannya.